Jumat, 27 Maret 2009

neh jawaban tugas pneumatik

1. Sistem Pneumatik merupakan salah satu sistem kontrol yang memanfaatkan udara bertekanan sebagai media perantara. Udara bertekanan yang dibutuhkan tersebut diperoleh dari tangki penyimpanan udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompresor.

2. Struktur aliran sinyal pada sistem kontrol pneumatic

gampang tmend

3. Air service unit berfungsi sebagai :

  • Pelumasan udara bertekanan
  • Penyaring udara bertekanan
  • Pengatur tekanan udara

4. Perbedaan silinder kerja tuggal dan silinder kerja ganda adalah :

Silinder kerja tunggal:

· Hanya bisa memberikan gaya kerja pada satu arah saja ( maju )

· Gerakan mundur dengan gaya pegas

Silinder kerja ganda :

· Bisa memberikan gaya kerja pada du arah(maju & mundur)

· Gerakan maju dan mundur menggunakan fluida udara

5. Diketahui : P = 5 bar = 500000 Pa

D = 4 cm = 0,04 m

d = 3 cm = 0,03 m

Ditanya : Feff maju & mundur

Jawab :

Fr = 10% x Fth

Fth maju = A x P

= 0,001256 x 500000

= 628 N

Fth mndr = A x P

= 0,0005495 x 500000

= 274,75 N

Fr maju = 10% x 628 N

= 62,8 N

Fr mndr = 10% x 274,75 N

= 27,475 N

Amaju = (D² x π) : 4

= (0,04 x π) : 4

= 0,001256

Amundur = (D² - d²) 1/4π

= ( 0,04² - 0,03²) 1/4π

= 0,0005495

Feff maju = ( Amaju x P ) – Fr maju

= ( 0,001256 x 500000 ) – 62,8 N

= 565,2 N

Feff mndr = (Amndr x P ) – Fr mndr

= ( 0,0005495 x 500000 ) – 27,475 N

= 247,275 N